Sosialisasi Pembelajaran Jenjang Kelompok Petualang Belajar (KPB-SMA)

Bagi rekan-rekan orangtua anak K9 SMP yang hendak mengeksplorasi alternatif cara belajar untuk anak didik setara SMA, maka jenjang Kelompok Petualang Belajar (KPB-SMA) Semi Palar dapat menjadi salah satu alternatif belajar yang dipertimbangkan.

Setelah tiga tahun berjalan, kami mulai mencoba membuka ruang bagi teman-teman SMP K9 di luar Semi Palar untuk ikut belajar berpetualang di jenjang KPB.

Langkah pendaftaran terdiri dari:

1. Hadir di Gelar Griya (Open House) jenjang Kelompok Petualang Belajar.

Disini kami akan memaparkan konsep belajar holistik rumah belajar Semi Palar, dan memaparkan konsep petualangan belajar di jenjang KPB. Disini juga akan dipaparkan perihal komitmen keterlibatan orangtua di jenjang KPB.

Untuk tahun ajaran ini, gelar griya akan diadakan pada tanggal 27 Oktober 2017 dan pertengahan Desember 2017. Bila terdapat peminat tambahan, maka gelar griya akan diadakan kembali pada bulan Februari 2018.

2. Masa pengenalan situasi dan potensi anak dan orangtua

Pada tahap ini dilakukan serangkaian wawancara dan diskusi untuk mengenal visi pendidikan orangtua serta motivasi dan potensi belajar anak. Apa pandangan orangtua tentang belajar? Apa mimpi anak? Pindah sekolah karena keinginan untuk eksplorasi belajar? Bagaimana komitmen orangtua dalam mendampingi anak?

3. Rangkaian asesmen dan komitmen perbaikan

Pada tahap ini anak akan menjalankan beberapa tes tertulis dan diskusi bersama kakak fasilitator KPB. Disini akan muncul pemetaan kebutuhan perbaikan belajar untuk persiapan menjalani petualangan belajar di jenjang KPB.

4. Trial dan jump in

Anak diberi kesempatan untuk mengalami keseharian berpetualang di KPB. Kegiatannya mulai dari mempresentasikan minat pada teman-teman di KPB, mencoba membuat proyek mandiri, sampai ikut kegiatan bersama.

Keseluruhan rangkaian pendaftaran di atas saling terkait satu sama lain, dari tahap kedua, pihak KPB sudah mulai dapat memberikan gambaran apakah anak siap berpetualang di KPB. Pilihan ada pada orangtua dan anak, apakah berkomitmen untuk membangun perbaikan dari waktu ke waktu atau semata menggantungkan perbaikan dari pihak sekolah?

Oleh karena itu baik bila orangtua mendaftar paling lambat pada awal semester 2 K9 SMP, agar dapat mengikuti rangkaian pendaftaran dengan optimal. Tujuan dari proses panjang tersebut semata-mata adalah memastikan kecocokan anak dan orangtua dengan KPB, juga kesiapan anak berpetualang.

Selamat menjajal petualangan belajar KPB!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: