Tahapan Bergabung Bersama KPB #1 [dari SMP luar Semi Palar]

Bagi rekan-rekan orangtua yang berminat untuk mendaftarkan anaknya pada jenjang KPB Semi Palar, berikut kami sampaikan rangkaian proses yang harus dilalui oleh anak dan orangtua.

 

A. Gelar Griya (Open House) KPB

Gelar griya merupakan pintu pertama bagi orangtua untuk mengenal konsep dan bentuk pembelajaran KPB. Acara ini wajib diikuti oleh orangtua sebelum berproses lebih lanjut ke tahap pendaftaran berikutnya. Pada umumnya Gelar griya rutin diadakan setiap minggu ketiga / keempat setiap bulannya.

Melalui pemaparan informasi tentang KPB, maka diharapkan orangtua telah mengenal lebih utuh pembelajaran di KPB, sehingga orangtua dapat:

  1. Menakar apakah visi pendidikan KPB sesuai dengan visi pendidikan yang dibangun dalam keluarga masing-masing
  2. Melihat apakah cara belajar di KPB dapat memenuhi kebutuhan anak sesuai rencana pendidikan yang telah dirancang oleh keluarga
  3. Mempertimbangkan apakah anak mampu beradaptasi dalam pembelajaran KPB dan memetakan kebutuhan yang perlu digenapi pada diri anak

Seluruh pertimbangan awal orangtua, hendaknya didiskusikan bersama anak untuk memastikan apakah anak dapat

 

B. Konfirmasi Pendaftaran (kesediaan berproses)

Setelah mengenal keselarasan dan kebutuhan pendidikan anak dengan KPB, kemudian orangtua diminta untuk melakukan konfirmasi pendaftaran dan mengisi formulir kesediaan berproses.

 

C. Diskusi Orangtua & Anak

Pada tahap ini tim KPB hendak mengenal lebih jauh bentuk keselarasan visi pendidikan orangtua dan anak dengan Semi Palar, diharapkan orangtua dapat membedakan:

  1.  Keinginan / kebutuhan. Apakah motivasi masuk ke jenjang KPB sekedar keinginanan anak dan orangtua atau memang hendak membangun dan memenuhi kebutuhan anak. Tidak sedikit anak menangkap bentuk belajar yang “menyenangkan” dan tanpa “mata pelajaran” sebagai motivasi belajar di KPB. Namun lebih dari itu, setiap proses pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan serta konsekuensinya masing-masing. Anak perlu menyadari bahwa proses belajar di KPB sebagai sarana untuk pengembangan diri dan juga akan hadir hal-hal yang tidak disukainya (mendorong diri keluar dari zona nyaman)
  2.  Kerjasama / kerja sana. Apakah orangtua dan anak memandang proses pendidikan di KPB sebagai bentuk kerjasama seluruh pihak, dimanana setiap pihak memiliki komitmen dan peran vitalnya masing-masing, ataukah orangtua melihat sekolah sebagai ruang untuk sekedar “menitipkan” anak atau sekedar jasa pendidikan yang dibeli.
  3. Kemampuan sosialisasi dan rutin yang telah dibangun.
  4. Keunikan dan keterhambatan anak. Diharapkan orangtua dan anak dapat terbuka menyampaikan kendala yang dihadapi anak di jenjang pendidikan sebelumnya, sehingga seluruh pihak dapat memetakan bentuk kerjasama yang optimal untuk membangun dan memenuhi kebutuhan anak

 

D. Review Kemampuan Anak

Pada tahap ini tim KPB hendak melihat sejauh mana kemampuan dasar anak dalam belajar, melalui bentuk:

  1. Tes tertulis (narasi, struktur, pengelolaan gagasan)
  2. Diskusi minat (motivasi dan perencanaan)
  3. Analisis

 

E. Trial (masa percobaan)

Untuk melihat tingkat kecocokan dan kesiapan anak dalam berproses di KPB, maka anak akan mengikuti proses trial dengan keterangan sebagai berikut:

  1.  Durasi waktu trial minimal 2 bulan, dengan jumlah 8x pertemuan tatap muka.
  2. Tatap muka dilakukan seminggu 1x dengan durasi dua jam
  3. Bentuk trial berupa pemberian tugas mandiri setiap minggu (disesuaikan dengan kapasitas anak), pengerjaan mandiri di rumah dan presentasi saat waktu tatap muka
  4. Tim KPB akan mengamati perkembangan anak dari tiap tatap muka dan melakukan evaluasi berkala
  5. Di akhir masa trial akan diumumkan keputusan apakah anak dapat/tidak dapat berproses belajar bersama KPB (mendaftar), atau diterima dengan masa percobaan

Dasar pertimbangan yang digunakan untuk keputusan hasil trial adalah:

  1. Kapasitas minimal anak untuk berproses di jenjang KPB
  2. Catatan keterhambatan yang perlu diperbaiki
  3. Komitmen anak dan orangtua untuk belajar dan bekerjasama
  4. Kapasitas (keterbatasan) tim KPB dalam menangani situasi anak

 

F. Kelas Orangtua

Pada prinsipnya, pendidikan di Semi Palar sangat menekankan pada kerjasama pendampingan orangtua di rumah. Baik sekolah maupun orangtua memiliki porsi dan peran yang sama pentingnya untuk perkembangan anak. Untuk memperkuat komitmen dan kemampuan orangtua dalam mendampingi anak belajar, maka tim KPB mengadakan pertemuan rutin bulanan bagi calon orangtua KPB untuk belajar bersama perihal dinamika remaja, mengenal prinsip pembelajaran dan sebagainya.

 

Lini Masa Pendaftaran KPB:

  • Gelar Griya: September- November & Januari
  • Diskusi dan review: November – Januari (setelah mengikuti gelar griya)
  • Trial: Januari – April
  • Kelas orangtua: Februari – Mei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: