Teman Mancanegara 

Shota tiba di Bandara dijemput oleh beberapa teman KPB

Pada tahun ajaran kali ini kami akan belajar bersama Shota, seorang siswa pertukaran pelajar dari Jepang. Kami sangat senang karena pihak pertukaran pelajar (Rotary Indonesia) memilih Kelompok Petualang Belajar sebagai mitra bagi Shota menjalani tahun pertukaran pelajarnya.

Kehadiran Shota sedikit menjawab kekhawatiran maupun pandangan umum tentang dunia pertemanan di KPB. “Apa temannya itu-itu saja?” ,”Bagaimana dengan jejaring anak-anak kedepan?”. Setidaknya 3 tahun berjalan kami sudah berkesempatan berteman dengan 2 teman sebaya mancanegara: Didda dari Islandia dan Shota dari Jepang.

Kalau teman kelompok memang “hanya” sedikit, tapi kami juga bersyukur dapat berkenalan dan berteman dari berbagai latar belakang usia dan profesi, yang kami temui saat berpetualang di KPB.

Kembali ke Shota dan teman mancanegara. Ternyata proses belajar seperti di KPB cukup diminati sebagai destinasi pertukaran pelajar karena keseharian berpetualang yang dinamis dan banyak berkolaborasi dengan masyarakat membuat tujuan pertukaran pelajar (pertukaran budaya) lebih tercapai. Teman seperti Shota dan Didda bisa banyak mengalami keseharian budaya.

Saat ini kelas 11 sedang magang di berbagai lembaga, salah satunya ada yang magang di Bale Angklung. Tentu Shota dapat ikut magang sekaligus mengenal angklung dari dekat lewat keseharian belajar. Shota juga berencana untuk belajar Pencak Silat di Sekepicung, kampung yang telah menjadi mitra belajar kami selama ini.

Selamat datang Shota. Berikut video pendek Shota hasil belajar bahasa Indonesia bersama kami. Oh ya, kami juga jadi terbantu untuk belajar bahasa asing dengan kehadiran teman-teman ini lho 🙂

Video oleh Lyan Kyla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: