Persiapan Perjalanan Besar K12 Pt.1

Selama beberapa waktu terakhir, kami di K12 sedang cukup aktif dalam melakukan proses persiapan untuk Perjalanan Besar kami di beberapa bulan yang akan mendatang. Walau masih dalam tahap awal persiapan, kami sudah mulai menemukan beberapa kendala dan masalah yang seringkali mengundurkan target dan mempersulit pekerjaan kami. Beberapa proses persiapan utama yang kami lakukan di beberapa waktu terakhir adalah membuat proposal perjalanan, merangkaikan sebuah time-line sederhana, serta mendaftarkan segala kebutuhan dan keperluan ke dalam sebuah rancangan anggaran awal.

Sejauh ini persiapan yang dilakukan oleh K12, banyak terhambat dan tertinggal, jika dibandingkan dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Salah satu kejadian yang paling menghambat adalah kesalahan kami di awal, dimana kami langsung mulai bekerja tanpa membagi-bagi tugas dengan cukup jelas. Setelah berbagai konflik dan bentrok karena hal tersebut, kami memutuskan untuk mengulangi proses persiapan dari awal dengan bantuan Pak Yunus.

Karena Pak Yunus adalah salah satu pencetus ide perjalanan ini, ia menjadi semacam dasar dan ground-zero untuk proses perjalanan ini. Setelah itu, kami membagi tugas dan kembali memulai perencanaan dan persiapan Perjalanan Besar dengan lebih lancar.

Secara keseluruhan dari proses persiapan awalnya saja, kami sudah mengalami banyak konflik dan bentrok. Terutama antara anggota K12 sendiri yang di tahap ini dalam proses belajar KPB sudah memiliki individualitas dan keunikan masing-masing yang sangat tinggi. Tapi Konflik dan betrok tersebut juga membuat kami belajar dan berkembang dengan lebih maksimal dibandingkan jika kami berada di suasana yang statis atau tenang. Berikut ada beberapa pemikiran dan penjelasan proses dari beberapa teman di K12.

Natasha:

Perasaan aku untuk proyek besar ini mungkin rerasa sangat cape ga ada unjung nya tetapi juga  sangat antusias ingin melakukan perjalan besar ke pulau kalimantan. Selain senang ada juga ke khawatiran yang aku rasakan seperti ke sponsor dan mengenai perjalanan. Seperti ke berangkatan nya akan di bulan apa, karena akan banyak bentrok seperti UN, dan lain-lain hal nya.Selain itu juga menurut aku hal ini membantu untuk melatih bagaimana kami membuat proposal kepada pensponsor dan apa saja yang dibutuhkan membuat hal tersebut.

 

Kinan

Perjalanan besar merupakan bagian dari proses belajar kami di KPB kelas 12. Kali ini kami berencana untuk melakukan perjalanan besar ke Taman Nasional Gn. Palung di Kalimantan Barat. Saat ini, kami sedang dalam proses persiapan perjalanan. Banyak hal yang harus kami persiapkan, mulai dari rencanan perjalanan, keperluan perjalanan, hingga pembuatan proposal untuk mencari sponsor. Banyak hal yang kami pelajari. Ternyata tidak mudah untuk melakukan perencanaan perjalanan besar. Perlu perencanaan yang detil dan harus dimulai dari jauh jauh hari. Hal ini berhubungan proses mencari sponsorship. Perjalanan ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, oleh karena itu kami harus mencari sponsor. Jadi kami mulai membuat prosal dan proposal infografis. Diharapkan melalui 2 hal tersebut, kami bisa mendapatkan cukup sponsor untuk perjalanan belajar kami.

Perasaan yang aku rasakan selama proses persiapan perjalanan besar adalah antusias tapi cemas. Pertama, aku sangat antusias dengan perjalanan besar yang akan kami lakukan. Ini akan menjadi pengalaman baru bagi kami dan kesempatan yang luar biasa. Banyak hal yang bisa dipelajari dan di dapatkan melalui perjalanan besar ini. Tapi, aku juga cukup cemas bahwa kami belum siap untuk melakukan perjalanan ini. Beberapa kali kami masih kesulitan dan kebingungan dalam proses persiapan. Selain itu, aku juga cemas bahwa kami belum cukup kompak, karena beberapa kali terlihat masing masing dari kami memiliki fokus yang berbeda sehingga kurang utuh sebagi tim, dan mempengaruhi kinerja kelompok. Aku harap kedepannya kami bisa segera menyelesaikan persiapan perjalan ini dan semakin kompak. Sehingga kami bisa saling melengkapi dan berproses dengan lebih efektif.

 

Angel:

 

Mungkin perjalanan besar yang kami rencanakan kali ini berbeda dengan perjalanan kami sebelumnya. Dengan tempat tujuan yang lebih jauh dan persiapan yang harus lebih matang. Kami harus melewati beberapa persiapan yang belum pernah kami lakukan sebelumnya, seperti mencari sponsorship, dan melakukan fundraising. Kami harus memperhitungkan segala kemungkinan dan mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan secara matang.

Tujuan kami adalah Taman Nasional Gn. Palung di Kalimantan Barat. Hutan sesungguhnya, sebuah pengalaman baru bagi kami menjejak Kalimantan. Kami bersemangat, tapi kami juga banyak khawatir. Perjalanan besar yang memang benar-benar besar dan baru bagi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: